Banyak Perempuan Tak Bahagia dengan Pernikahannya?

Kompas.com

Banyak Perempuan Tak Bahagia dengan Pernikahannya | Penelitian di Inggris menemukan fakta bahwa pasangan merasakan kebahagiaan terbesar saat mereka menikah, belum punya anak, bisa mengejar pendidikan setinggi-tingginya, si pria memiliki pekerjaan, dan usia pernikahannya kurang dari lima tahun. Namun, kebahagiaan ini menurun tajam pada perempuan. Survei yang melibatkan 100.000 orang dari 40.000 rumah tangga ini menunjukkan perempuan lebih cepat merasa tak bahagia dengan pernikahannya, dibandingkan laki-laki.

Penelitian yang menghabiskan dana 49 juta euro atau lebih dari Rp 600 triliun ini diadakan oleh Economic and Social Research Council dengan metode wawancara tatap muka dan telah dimulai sejak 2009.

Menanggapi temuan ini, banyak pakar hubungan berpasangan meyakini perempuan lebih banyak berusaha dalam mempertahankan hubungan dibandingkan laki-laki. Perempuan lebih sering berurusan dengan pengaturan rumah tangga dan lebih peduli dengan momen spesial dalam hubungan seperti ulang tahun pernikahan atau bahkan ulang tahun pasangannya.

Satu lagi penelitian di Inggris dilakukan dengan melibatkan 14.000 rumah tangga pada 2009. Kali ini, polling

Hasil penelitian menemukan, 55 persen pria bahagia luar biasa dengan pernikahannya dan 57 persen perempuan menyatakan hal yang sama, pada lima tahun pertama usia pernikahan. Dalam 11 tahun usia pernikahan, perempuan tidak sebahagia laki-laki. Saat pasangan memasuki usia 40 tahun, hanya 26 persen perempuan yang mengatakan mereka bahagia luar biasa, dan 33 persen menyatakan hal serupa.

Menurut psikolog Dr Pam Spurr, ketidakpedulian pria termasuk dalam menjaga penampilannya setelah menikah menjadi sumber masalah ketidakbahagiaan pasangan menikah ini. Pria, setelah menikah, cenderung kelebihan berat badan dan tak memedulikan penampilannya.

"Perempuan cenderung mulai mempertanyakan hubungan pernikahan saat memasuki usia 5-6 tahun pernikahan. Mereka mulai menyadari merekalah yang lebih sering merawat hubungan dibandingkan laki-laki, meski baik perempuan maupun laki-laki sama-sama meniti karier," kata Spurr. Ia menambahkan, pria seharusnya lebih metroseksual dalam penampilan dan turut berperan merawat hubungan pernikahan dengan lebih memerhatikan perempuan.

Kenyamanan yang dirasakan pria dari hubungan pernikahan lantas membuatnya melupakan romantisisme yang dibutuhkan perempuan. Inilah yang menjadi penyebab mengapa perempuan lebih cepat merasa lelah dan tak bahagia lagi dengan pernikahannya.
dilakukan kepada pasangan untuk memberi peringkat pada pernikahan mereka. Pilihan level kebahagiaan pernikahan dalam jajak pendapat di antaranya bahagia sempurna, luar biasa bahagia, sangat bahagia, bahagia, dan tidak bahagia.

Sumber: Kompas

2 komentar:

  1. Ketika kita sudah terikat janji dengan orang yang kita cintai, maka usahakan jika terjadi perselisihan diselesaikan dengan damai karena dengan dia pernikahan kita akan tetap utuh.

    Budayakan saling berbagi tanpa harus memebebani orang lain

    BalasHapus
  2. wah faktor Pria yang model perut Buncit nich yang jadi kambing hitam dalam posting ini...sukses gan

    BalasHapus