6 Pelajaran dari The Celebrity Apprentice

Examiner

Sejak 6 Maret lalu, reality show yang menayangkan tentang para selebriti yang bekerja "magang" untuk Donald Trump, The Celebrity Apprentice, kembali ditayangkan.
Acara ini menampilkan tim perempuan, ASAP, yang beranggotakan bintang Real Housewives of Atlanta NeNe Leakes, aktris Lisa Rinna dan Marlee Matlin, model Niki Taylor, penyanyi Dionne Warwick, mantan host The View Star Jones, model Playboy Hope Dworaczyk, dan LaToya Jackson. Tim pria, Backbone, didukung oleh rapper Lil Jon, aktor Gary Busey, mantan pemain bisbol Jose Canseco, pemenang acara Survivor yang kena kasus ngemplang pajak Richard Hatch, mantan idola remaja David Cassidy, serta penyanyi Meat Loaf, John Rich, dan Mark McGrath.

Serial ini mempertontonkan bagaimana para selebriti dengan karakternya masing-masing, berusaha berstrategi, menyusun skenario, dan bekerja sama, untuk merebut perhatian bos Donald Trump. Melalui episode Child's Play, kita juga bisa memetik pelajaran dari apa yang dilakukan para selebriti. Kita bisa memelajari beberapa strategi untuk sukses di tempat kerja.

Jangan terpaksa mengambil posisi pemimpin. Menjadi pemimpin tentu menjadi impian setiap orang. Namun Anda harus tahu kapan Anda memang sudah waktunya belajar bertanggung jawab dan keluar dari zona nyaman, atau dipaksa melakukan tugas di luar kemampuan Anda. Pada episode kedua, Star Jones menekan Lisa Rinna untuk mengambil jabatan manajer proyek untuk menyiapkan dan menampilkan buku anak dengan pesan positif. Namun, penunjukan ini sebenarnya didorong oleh keinginan Star melihat Lisa gagal. Buatnya, inilah cara terbaik untuk mendepak seorang kompetitor. Jika Anda belum siap untuk mengemban tugas tersebut, sebaiknya jangan. Kegagalan Andalah yang dinantikan oleh para kompetitor, dan bisa membuat Anda dikeluarkan dari perusahaan.

Tampilkan diri Anda secara profesional. Episode ini bertepatan dengan momen ketika Lisa Rinna melakukan operasi pencabutan silikon dari bibirnya, yang selama ini membuat bibirnya terlihat bengkak. Ternyata, tindakan Lisa itu dipuji oleh Donald Trump. Tampil lebih profesional juga diperlukan di perusahaan. Penampilan yang berlebihan bisa mengakibatkan kesan negatif dengan etika kerja dan presentasi Anda.

Tetaplah tenang saat situasi kacau. Orang-orang yang memiliki kepribadian yang kuat dan cenderung blak-blakan biasanya akan sulit mengontrol sikapnya dalam situasi yang sulit. La Toya Jackson, misalnya, sempat berkonfrontasi dengan Star Jones, dan hal ini ternyata membuatnya terlihat lemah. Sebaiknya, Anda tidak terjebak dalam politik kantor. Jika Anda merasa emosional, luangkan waktu sendiri untuk mengatasinya. Jika tidak, orang-orang di sekitar Anda akan meragukan rasionalitas dan profesionalisme Anda.

Coba manfaatkan senioritas. Di panggung, Dionne Warwick adalah seorang diva. Dalam acara ini, kesan itu tak bisa dilepaskan. Dionne sudah menjadi legenda yang pengalamannya tak mungkin disepelekan. Tak seorang pun ingin terlibat masalah dengan sang diva. Ketika Anda berada dalam proyek kelompok dimana Anda anggota tim paling senior, orang lain akan selalu menghargai Anda. Mereka tak ingin berdebat dengan pengalaman Anda.

Dengarkan saran atasan. Donald Trump dan dewan direksinya harus memberitahu Lisa sedikitnya tiga kali, bahwa perempuan ini seharusnya tidak mengatakan bahwa ia tidak ingin menjadi manajer proyek (atau bukan manajer proyek yang baik). Namun, entah kenapa Lisa terus saja mengatakannya. Sebaiknya Anda tidak mengulang-ulang "pesan sponsor" bahwa diri Anda bukan karyawan atau manajer yang baik. Hanya tunjukkan apa kelebihan Anda, dan ketika atasan memberikan saran untuk Anda, lakukan saja untuk kepentingan Anda sendiri.

Dengarkan passion
Anda. Lihat ketika Meat Loaf memenangkan tantangan untuk timnya, Backbone. Dedikasi dan passion-nya untuk acara amalnya, The Painted Turtle, tampak jelas terlihat dari mata mantan rocker ini. Ketika Anda begitu peduli dengan sesuatu yang Anda yakini, dan semakin keras Anda bekerja, semakin baik pula hasilnya.

Sumber: Shine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar