Hal Biasa: Mencuri Ide Bisnis Orang Lain

Ilustrasi (Image: WEB)

Hal Biasa: Mencuri Ide Bisnis Orang Lain  | Salah satu cara membuat konsep bisnis yang sukses adalah dengan mencuri ide dari tempat lain. Jangan khawatir, sesungguhnya Anda tidak mencuri apapun. Dalam bisnis, mengambil ide orang lain biasanya disebut "best practice sharing" atau "benchmarking". Para pebisnis selalu melakukannya, meniru yang terbaik dari yang dilakukan oleh orang lain, namun berusaha untuk melakukannya dengan lebih baik lagi.

Salah satu cara mencuri tanpa disadari oleh orang lain adalah dengan melihat ke luar negeri untuk mencari inspirasi. Temukan ide yang berhasil di negara lain, dan pindahkan ide tersebut ke dalam negeri. Para wirausahawan membentuk jaringan Coffee Republic di Inggris setelah melihat kedai kopi kelas atas di New York City. Dan perusahaan e-commerce Cina Alibaba mengambil ide dari eBay Amerika dalam membangun situs lelang mereka sendiri, Taobao.


Atau, dengan logika terbalik, mungkinkah ada peluang mengekspor produk atau jasa dari dalam negeri ke luar negeri?


Beberapa wirausahawan bisa langsung menjalankan ide yang tidak bisa atau tidak akan direspons oleh perusahaan besar. Perusahaan besar biasanya menganggap beberapa ide terlalu berisiko atau mengandung banyak ketidakpastian. Atau perusahaan besar mungkin melihat bahwa pasar yang ada tidak cukup besar untuk dimasuki. Sesuatu yang terlalu kecil bagi perusahaan besar mungkin masih cukup besar untuk Anda. Lihatlah ide-ide yang ditolak oleh perusahaan besar atau gagal dilakukan oleh perusahaan besar di bidang yang Anda geluti. Mungkin Anda bisa menjalankan ide tersebut dalam skala tertentu.


Tidak masalah jika Anda tidak mengetahui apapun mengenai makanan bayi atau rancangan busana muslim. Anda selalu bisa belajar atau menemukan seseorang yang mengetahui hal tersebut. Selama Anda memunculkan sebuah konsep yang membuat Anda bersemangat, itu sudah cukup untuk saat ini.

Sumber: Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar