Membuat Kulit Wajah Sehat Dan Berkilau

Image: Flickr

Tidak hanya perempuan saja yang menginginkan kulit wajah sehat dan berkilau. Tidak sedikit kaum pria yang menginginkan hal yang sama buat kulit wajah mereka. Untuk memperoleh kulit wajah yang sehat dan berkilau tentu saja tidak semudah membalik telapak tangan. Kulit wajah harus selalu diperhatikan dan di rawat supaya sehat dan berkilau.
 
Dari sebuah penelitian menemukan bahwa sel-sel kulit manusia melakukan proses regenerasi 8 kali lebih cepat pada saat malam hari. Profesor Melvin Elson ahli dermatologi dari Vanderbilt School of Nursing menjelaskan bahwa pada saat malam hari tubuh kita mengalami perubahan hormon yang dapat memperlancar peredaran darah ke kulit. Oleh karena itu waktu tidur merupakan kesempatan bagi kulit terutama kulit wajah untuk memperoleh nutrisi dengan baik, sehingga idealnya pada saat kita bangun tidur tampilan kulit seharusnya lebih cerah.

Akan tetapi pada malam hari terkadang kita biasanya mengalami stres akibat bergadang semalaman mengerjakan pekerjaan yang dikejar deadline atau kita mengalami insomnia. Kondisi seperti itu akan membuat hormon kortisol, hormon pengendali stres akan memperlambat produksi kolagen selama 8 jam penuh. Akibatnya  “Saat sel-sel kulit kekurangan kolagen, maka wajah kita akan menjadi kering dan katakan selamat datang kepada keriput,” Jytosna Sahni, MD., pakar kesehatan tidur dari Canyon Ranch, Amerika Serikat, memaparkan.

Jadi yang kita perlukan di malam hari adalah tidurlah dengan nyenyak dan dalam waktu yang cukup. Dan untuk melengkapi ritual tidur cantik kita, lakukanlah perawatan di malam hari sehingga ketika kita tengah menikmati bunga mimpi, sel-sel kulit tetap bekerja untuk mengoptimalkan penampilan.

Selain tidur yang cukup, perlu juga perawatan yang lain untuk membuat kulit wajah kita sehat dan berkilau seperti: 

1. Selalu bersihkan wajah sebelum tidur
Membersihkan wajah sebelum tidur akan membawa manfaat besar bagi kulit wajah. Pertama pori-pori kulit wajah akan bersih dari sisa-sisa make up dan kotoran akibat aktifitas di siang hari. Yang kedua apabila kita menggunakan krim malam hasilnya akan lebih optimal karena bahan-bahannya lebih terserap dengan baik ke dalam kulit wajah.

2. Pilih krim anti-aging yang dilengkapi dengan bahan yang baik
Krim anti-aging yang baik adalah yang mengandung retinol. Ini adalah vitamin A yang oleh kulit diubah menjadi bahan yang menjaga sel-sel kulit tetap beregenerasi. Mengapa menggunakannya di malam hari? “Sebab sebenarnya paparan sinar matahari akan mengurangi efek kerja retinoid,” Patricia Farris, MD., asisten profesor klinis dermatologi dari Tulane University School of Medicine, menjelaskan. Ingat, jangan terlalu lama menggunakan retinol sebab bisa membuat kulit iritasi. Dokter kulit biasanya akan menyarankan kita menggunakannya selama 4-8 minggu.

3. Menghapus lingkar hitam di mata dengan krim vitamin K
Hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2003 membuktikan bahwa responden yang menggunakan krim bawah mata yang mengandung vitamin K dan retinol yang digunakan setiap malam selama 12 minggu berhasil mengurangi lingkar hitam yang ada di sekitar mata hingga 33 persen.

4. Gunakan moisturizer yang baik
Pada malam hari sel-sel kulit kita cenderung memiliki suhu yang lebih hangat dan kekurangan cairan, oleh karena itu kulit kita perlu moisturizer pada malam hari terutama yang mengandung superhydrators acid atau glycerin yang dapat mengikat air lebih lama.

Sumber: GayaHidupSehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar