Delapan Solusi Terhindar dari Radiasi Ponsel

http://3.bp.blogspot.com/-Hf6Y0sCbnFo/TfS-4ruxtkI/AAAAAAAAACw/sdxqNuYqo5A/s320/Radiasi+Ponsel.jpg
Fungsi utama dari ponsel (handphone) adalah berkomunikasi melalui telepon ataukah hanya sebatas kirim pesan. Namun siapa sangka, bahwa ponsel dapat mengindikasikan hal yang buruk terhadap kesehatan Anda.

Hal yang buruk terhadap kesehatan Anda ini diakibatkan oleh radiasi yang terpancar dari ponsel Anda. Namun, bagaimana caranya untuk meminimalisasi hal tersebut? Berikut adalah 8 Tips ala SELF yang dapat membatasi paparan radiasi ponsel yang cukup berbahaya bagi kesehatan Anda.


TIPS 1 # Aktifkan Speaker
Mengaktifkan speaker saat berbicara via handphone ini akan mengurangi energi radiasi ponsel, semakin jauh Anda dari antena ponsel mak semakin rendah paparan radiasi yang Anda terima.

TIPS 2 # SMS-an donk
Menggunakan SMS sebagai alat komunikasi memang sangat bijak sekali. Disamping sebagai salah satu aktifitas senam jari, SMS dapat mengurangi paparan radiasi yang Anda terima. Asal, jarak handphone dengan kepala atau tubuh Anda dianggap cukup.

TIPS 3 # Offline Mode
Offline mode memang salah satu cara yang dapat mematikan dan menghentikan paparan radiasi, karena radiasi timbul karena adanya suatu konektifitas jaringan. Mode offline yang dapat Anda gunakan ini seperti mematikan atau mengalihkan saluran telepon, pesan, maupun internet. Dengan cara ini Anda masih dapat menggunakan handphone Anda diluar fungsi utama yakni main game atau hanya sekedar mendengarkan musik.

TIPS 4 # Telinga Kanan dan Kiri Saling Bergantian
Kalau memang Anda sedang dihadapkan pada posisi sedang menelepon, maka cobalah Anda meletakkan posisi handphone pada kedua telinga Anda secara bergantian. Hal ini dapat meminimalisasi resiko terjadinya tumor otak atau kanker kelenjar ludah pada telinga.

TIPS 5 # Hindari Penggunaan Ponsel saat Berkendara
Pada dasarnya, sinyal ponsel selalu turhubung pada antena terdekat dari posisi ponsel Anda. Ketika Anda sedang berkendara maupun naik kendaraan, seperti mobil atau kereta api dapat menyebabkan pengalihan sinyal ponsel pada batas maksimum, karena ponsel berusaha terbuhung pada antena yang baru.

TIPS 6 # Jangan Terlalu Lama
Pada dasarnya, fungsi telepon dan sms pada ponsel ini hampir sama, yakni hanya sebatas pesan yang harus disampaikan. Untuk berbicara lebih panjangnya dapat Anda lakukan komunikasi secara langsung, yakni dengan membuat janji untuk dapat berkomunikasi secara langsung. Hal ini dikarenakan, semakin Anda berlama-lama menelepon maka semakin banyak paparan radiasi ponsel yang Anda terima.

TIPS 7 # Jauhkan Ponsel ketika Belum Tersambung
Setelah Anda menekan tombol nomer ponsel teman Anda, jangan langsung mendekatkan ponsel ke telinga Anda. Tunggu beberapa saat ketika ponsel Anda telah terhubung, barulah Anda dapat mendekatkn ponsel ke telinga Anda. Mengapa demikian? Sinyal terkuat dari ponsel ini muncul disaat ponsel sedang berusaha untuk terkoneksi.

TIPS 8 # Jauhkan Ponsel ketika Anda Tertidur
Apabila Anda membutuhkan aplikasi alarm pada ponsel Anda, maka yang harus Anda lakukan adalah atur waktu alarm sesuai dengan keinginan Anda lalu letakkan ponsel Anda jauh dari tubuh Anda. Paparan radiasi ini dapat merusak susunan DNA dan sel-sel tubuh Anda, dengan rusaknya kedua hal tersebut dapat menyebabkan penyakit kanker ataupun penyakit lainnya.


Sumber: Mediasari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar