Bank Indonesia: Prioritaskan Pertanian dan Industri

Bank Indonesia (Foto: WEB)

Bank Indonesia: Prioritaskan Pertanian dan Industri | Berdasar penelitian pihak Bank Indonesia Banjarmasin, sektor pertanian dan industri pengolahan harus diprioritaskan oleh pemerintah dan investor. Sebab kedua sektor ini memiliki efisiensi sektoral yang tinggi.
    
Penelitian yang dilakukan Bank Indonesia, papar Miko Bayuaji, Peneliti Ekonomi Muda Bank Indonesia Banjarmasin. Data digunakan adalah PDRB Kalsel sektoral 1993Q1-2008Q1, jumlah tenaga kerja Kalsel sektoral 1993Q1-2008Q4, capital sektoral 1993Q1-2008Q4.
    
Direkomendasikan agar pemerintah maupun investor perlu memberikan prioritas utama pada sektor yang efisiensinya tinggi seperti halnya sektor pertanian dan industri pengolahan.
    
"Prioritas kebijakan pada pembenahan kontribusi peran capital dan Sumber Daya Manusia dengan cara memberikan bantuan teknologi tepat guna untuk masa tanam dan masa panen. Mempermudah izin pembukaan lahan perkebunan karet dan kelapa sawit," papar Miko.
    
Meningkatan kualitas sumberdaya manusia di sektor pertanian dengan memperbanyak sekolah kejuruan pertanian dan memberikan beasiswa ke universitas pertanian. Memberikan insentif pada investor yang mau membuka industry pengolahan untuk hasil komoditas sektor pertanian Kalsel. 

Sumber: Banjarmasinpost

Tidak ada komentar:

Posting Komentar