Benarkah: Ibu Lebih Bisa Disiplinkan Anak Ketimbang Ayah?

Ilustrasi (Image: Thinkstock)

Kedisiplinan harus dianjarkan pada anak sedari kecil oleh ayah maupun ibu. Namun, tahukah Anda bahwa ibu lebih bisa mendisiplinkan si kecil ketimbang ayah?

Seperti yang dikutip dari Times of India, penelitian dari Australian Institute melaporkan bahwa Ibu lebih dapat memberikan alasan mengapa ia harus tampil disiplin dan mengikuti semua aturan rumah tangga. Hal tersebut dikarenakan ibu lebih konsisten pada keadaan rumah tangga termasuk si kecil.

"Ibu secara signifikan lebih konsisten daripada ayah, dengan presentasi tinggi bahwa ibu jarang sekali membiarkan anak tidak melakukan hukuman jika si kecil bersalah. Ibu lebih bisa memastikan apakah sang anak sudah mengikuti instruksi atau permintaan," ujar penulis penelitian tersebut.

Penelitian yang melibatkan 3687 ayah dan hampir 4000 ibu, menemukan bahwa Ibu lebih cenderung memperlihatkan emosi terhadap anaknya. Ibu juga lebih suka memarahi anak jika tidak menuruti permintaanya.

Namun walau begitu, sikap sang ibu tidak hanya bisa dilihat dari emosi dan sifat mudah marahnya saja. Faktor lain yang membuat si kecil lebih mau menuruti ibu adalah karena ibu lebih sering untuk memberikan pelukan dan ciuman dan menghabiskan waktu bersama anak-anaknya ketimbang ayah.

"Ayah biasanya berfungsi untuk mencairkan suasana bagi keluarga-keluarga yang memiliki sifat 'keras', kata Wayne Warburton, dari pusat riset Macquarie University.

Sumber: Wolipop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar