Kontes Pwn2Own: Android dan WP 7 Sama-sama Beruntung

Google Nexus S & Dell Venue Pro (Image: Kompas)

Platform Android dan Windows Phone 7 memang tak berhasil dijebol hacker dalam kontes Pwn2Own yang berlangsung di Vancouver, Kanada, 9-11 Maret 2011 lalu. Namun, hal tersebut mungkin bisa disebut keberuntungan karena tak ada hacker yang mencoba menembus keamanannya.

Satu-satunya hacker yang mendaftar tantangan untuk menjebol Windows Phone 7 di smartphone Dell Venue Pro adalah George Hotz atau geohot. Namun, ia mengundurkan diri karena mengaku akan berkonsentrasi menyelesaikan masalah hukum dengan Sony. Geohot adalah hacker yang tenar setelah menjebol keamanan PS3 dan dituntut Sony karena membeberkannya ke publik.

Sementara untuk Android 2.3 di Nexus S, satu-satunya hacker yang mendaftar adalah Jon Oberheide. Ia juga mengundurkan niatnya untuk mencoba menjebol Android. Alasannya mungkin cukup menyakitkan buat Jon Oberheide kerana kesempatan menggondol hadiah 15.000 dollar AS sebenarnya sudah di depan matanya.

Ia tak mengira kalau lolos kualifikasi untuk berpartisipasi dalam kontes berhadiah ribuan dollar AS itu. Maka, saat menemukan kelemahan pada Android sebelum kontes berlangsung, ia langsung memberitahukan kepada Google untuk mendapatkan imbalan 1.337 dollar yang dijanjikan lewat program yang memang dirancang Google. Nah, sebelum kontes berlangsung, kelemahan itu sudah diperbaiki Google.

"Saya terlalu dini melaporkan kelemahan itu kepada Google. Di samping besarnya selisih imbalan (1.337 dollar AS dari Google vs 15.000 dollar AS dari ZDI), saya sangat menyesal karena saya kira akan supersenang memenangkan Pwn2Own dengan satu kelemahan XSS," katanya di blog pribadinya.

Sementara iOS di iPhone 4 dan BlackBerry Torch langsung ditaklukkan.Hacker memanfaatkan kelemahan pada Webkit, mesin rendering di bowser kedua smartphone untuk menembus celah keamanan dan menyusupkan program jahat untuk mencuri data. Selain untuk kategori mobile device, Pwn2Own tahun ini juga menaklukkan browser Safari 5 dan Internet Explorer 8. Chrome 9 dan Firefox 3.6 masih gagal dijebol hacker. 

Sumber: Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar